Saya dan Game

Saya mengenal dunia game semenjak kelas 2 SD. Kala itu, ayah membelikan saya PS 2  dengan tujuan saya belajar baik. Tapi yah masih anak-anak, saya malah jadi fokus main daripada belajar. Meski begitu, prestasi di sekolah masih dalam status aman.

Di kelas 4-5, saya makin asyik main game. Hal itu karena saya menemukan game yang bagus di segi cerita maupun gameplaynya. Saya bermain Persona 4 dan DMC. Untuk Persona 4, saya sampai begadangan bermainnya karena game tersebut sangat baik mencampurkan unsur sekolah dan fantasi, serasa jadi diri sendiri gitu haha. Untuk DMC, saya hanya bermain di siang hari, sebab game tersebut terlalu berisik dan memerlukan sedikit usaha lebih.

Di kelas 6, saya masih bermain PS namun saya mulai mengenal game online. Game yang saya mainkan online biasanya berada di situs-situs game, berbeda dengan game sekarang yang memiliki client sendiri. Walaupun game-game onlinenya sederhana, saya tetap menikmatinya.

Masuk SMP, dunia game saya pindah total ke game online. Selama 3 tahun, saya bermain game online, utamanya Lost Saga server Indonesia. Saya mulai memainkannya semenjak teman-teman di sekolah membicarakannya. Tak mau ketinggalan, saya pun memainkannya. Karena game tersebut, saya jadi kenal teman-teman di sekolah karena saya masuk guildnya. Selama bermain game tersebut, saya pernah mengikuti lombanya meskipun pada akhirnya saya kalah setelah dua kali pertandingan.

Game online tersebut memang menyenangkan, namun karena game itu pula lah, prestasi belajar saya menurun. Saya harus menerima nilai UN yang kurang baik, padahal orang tua menginginkan saya masuk ke SMA favorit di mana tinggi-rendah UN sangatlah mempengaruhi. Berbekal nilai seadanya, saya tetap mencoba mendaftar dan alhamdulillah masih lolos.

Tidak ingin mengulang kesalahan yang sama, ketika SMA saya mengontrol waktu agar dapat menyeimbangkan antara waktu belajar dan bermain. Hasilnya, saya tetap bisa bermain dan mendapat prestasi yang memuaskan.

Sampai detik ini, interaksi saya dengan game masih ada. Saya masih suka bermain ketika waktu luang ada. Meski suka, saya yakin akan ada suatu di mana saya harus merelakan hobi ini. Hingga waktunya, saya akan terus menggapai level tertinggi, hahaha!

Leave a Reply

